top of page
  • Writer's pictureEric

Croquembouche: Menara Kue Sus Prancis untuk Acara Spesial


Croquembouche Authentique French Bread
Choux Tower Authentique French Bread

Tingginya reputasi Prancis sebagai surganya kue dan pastry tidak perlu diragukan lagi. Dengan kekayaan warisan kuliner yang mencerminkan budaya dan tradisi makanan yang kaya, Prancis terus dikenal dalam seni pembuatan kue yang mengagumkan. Salah satu contoh pastry yang menarik untuk dibahas adalah Croquembouche, sebuah karya seni kuliner yang menggabungkan kehalusan kue sus dengan bentuk konstruksi kue yang memukau sehingga membuat tumpukan kue yang indah dipandangin dan lezat untuk dimakan. Bersama Authentique French Bread, mari kita bahas apa sih kue Croquembouche yang satu ini.



Sejarah Croquembouche

Croquembouche atau yang dikenal juga sebagai Choux Tower adalah sejenis makanan penutup asal Prancis yang dikenal berasal dari karya seorang koki ternama, Antoine Carème, pada tahun 1800an. Secara harfiah, dalam bahasas perancis, Croquembouche sendiri memiliki arti sebagai "sensasi renyah di mulut," yang menggambarkan bagaimana rasa atau sensasinya ketika memakan kue ala Prancis ini. Croquembouche ini terdiri dari kue sus atau Choux yang ditumpuk membentuk struktur menara yang diletakkan di atas piringan bulat. Di dalam setiap buah Choux diisi dengan krim, kemudian disusun membentuk menara berbentuk kerucut yang biasanya diperkuat dengan menggunakan karamel. Pastry ini adalah kue dekoratif yang dirancang untuk dapat menjadi pusat perhatian.

Selain menggunakan karamel dan krim, Croqouembouche seringkali memiliki berbagai jenis pilihan rasa yang bisa divariasikan sesuai selera, bisa dengan vanila, susu, strawberry, madu, coklat, kopi, likuid, bahkan emas sekalipun.

Peranan Croquembouche dalam Berbagai Acara

croquembouche kue acara pernikahan
Wedding Choux Tower

Secara tradisional, Di Prancis, Croquembouche pada awalnya sering dihidangkan pada acara Kerajaan, pesta pernikahan dan acara kerohanian. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, Croquembouche biasanya disajikan dalam berbagai acara-acara besar, seperti perayaan pernikahan, acara ulang tahun, acara korporat, perayaan natal dan acara-acara besar lainnya. Konsepnya dapat dikatakan hampir mirip dengan nasi tumpeng yang ada di Indonesia, di mana makanan berbentuk tinggi tersebut disajikan untuk merayakan sesuatu dan disantap secara bersama-sama. Orang Prancis biasanya mengambil tumpukan Croquembouche langsung menggunakan tangan, dan pengambilan dimulai dari kue yang ada di paling atas atau jika di sebuah acara pernikahan, Croquembouche akan dipotong layaknya kue pernikahan.


Cara Menyusun Croquembouche/Choux Tower

Kunci dari pembuatan menara Croquembouche yang dapat ditumpuk secara kokoh dan membentuk menara kue terletak pada penggunaan karamel sebagai bahan utamanya. Adapun cara membentuknya ialah antara lain:

Bahan yang diperlukan:

-Karamel

-Kue Choux/Sus yang sudah matang


Langkah-langkah:

  1. Persiapkan wadah berbentuk bulat sebagai landasan. Siapkan karamel dan kue Choux/Sus yang sudah matang.

  2. Buat mangkok dengan karamel di wadah bulat sebagai dasar Menara Croquembouche.

  3. Tempatkan cone di tengah wadah bulat. Ukuran cone dapat disesuaikan untuk menciptakan ukuran Menara yang diinginkan.

  4. Mulailah mencelupkan kue sus ke dalam karamel dan susun di sekitar wadah bulat, mengikuti letak cone. Pastikan lapisan-lapisan kue sus menempel rapat satu sama lain.

  5. Bangun lapisan demi lapisan kue sus, memuncak ke atas untuk membentuk bentuk kerucut yang diinginkan. Pastikan setiap lapisan terpasang dengan kuat.

  6. Gunakan tambahan karamel untuk memperkuat setiap lapisan kue sus. Pastikan karamel tidak terlalu panas agar kue sus tidak melunak.

  7. Tambahkan sentuhan dekoratif dengan meneteskan karamel di sekitar Menara Croquembouche

  8. Setelah menumpuk semua kue sus, biarkan Menara Kue Croquembouche mengeras dan karamel membeku agar struktur kue menjadi kokoh dan stabil.

  9. Setelah setiap lapisan mengeras, hati-hati angkat wadah bulat yang digunakan sebagai penyangga. Pastikan Menara Kue Croquembouche sudah cukup kuat untuk berdiri sendiri.

  10. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan berhasil membuat Menara Kue Croquembouche yang indah dan lezat untuk dinikmati!


Nikmati keindahan dan kelezatan Croquembouche yang memikat tanpa harus repot membuat sendiri. Kami menjual secara grosir kue Croquembouche otentik Prancis berkualitas, Temukan detail lengkap untuk wholesale Croquembouche / Choux Tower yang kami jual di Authentique French Bread. Hubungi kami di sini.

190 views0 comments

Komentáře


bottom of page