top of page
  • Writer's pictureEric

Cromboloni: Terungkap Asal-usul Sejarahnya

Updated: Jan 10


Grosir Cromboloni Authentique French Bread

Kembali lagi di artikel Authentique French Bread! Akhirnya, rahasia asal-usul Cromboloni pada akhirnya terungkap! Setelah berbulan-bulan Cromboloni viral di Indonesia, saatnya membongkar lebih dalam sejarahnya. Sesuai janji, Kami, Authentique French Bread sebagai supplier terpercaya pastry di Jakarta akan membawa Anda menyelami kisah di balik Cromboloni yang sebelumnya telah kita bahas. Yuk, simak!


Gabungan Croissant dan Bomboloni

Untuk mengingat kembali, Cromboloni adalah sebuah hidangan pastry yang merupakan hasil fusi, menggabungkan unsur croissant dan bomboloni. Pastry ini memiliki tekstur flaky dan berbentuk bulat seperti bomboloni, sementara memiliki lapisan krim dalamnya, mirip dengan isi donat bomboloni.



Terungkap Sejarah Cromboloni

Cromboloni grosir varian rasa

Setelah menjadi viral di Indonesia, asal-usul dari pastry yang tengah menjadi sorotan akhirnya terungkap. Berbeda dari Croissant yang berasal dari Prancis dan Bomboloni dari Italia, Cromboloni sebenarnya diciptakan pada tahun 2022 oleh seorang chef terkenal asal New York, Amerika Serikat. Bernama Scott Cioe seorang executive pastry chef di Lafayette Grand Cafe & Bakery New York, beliaulah yang menemukan dan menciptakan Cromboloni pertama kali. Namun, saat pastry gabungan Croissant & Bomboloni itu pertama kali diciptakan, ia memberinya nama 'The Supreme' atau 'New York Roll, bukan Cromboloni. Nama Cromboloni mungkin muncul secara spontan dalam masyarakat sebagai singkatan dari kombinasi pastry tersebut, karena belum ada sumber yang jelas yang mengatakan apakah Chef Scott Cioe sendiri yang mengubah namanya menjadi demikian.


Chef Cioe Pencipta Cromboloni

Menurut informasi dari Fox News, Chef Cioe mengungkapkan bahwa ia menciptakan New York Roll untuk memberikan kreasi croissant yang lebih menarik dan lezat.  Chef Cioe juga menjelaskan bahwa pembuatan new york roll ini memerlukan waktu yang panjang dan merupakan proses yang rumit. Chef tersebut menghabiskan sekitar tiga hari, mulai dari membuat adonan, proses lapisan-lapisan pastry, proses pemanggangan di dalam oven, hingga penggunaan toping yang cocok. Ide intinya adalah Chef Cioe ingin mengkombinasikan teknik pembuatan pastry dengan proses pembuatan bomboloni. 


Saat pertama kali dijual, pastry tersebut langsung mendapat respons positif yang besar dari para pelanggan dan cepat habis terjual, mirip dengan yang terjadi di Indonesia di mana New York Roll (cromboloni) ini meledak ketika seorang pengguna TikTok membagikannya melalui akunnya yang kemudian mendapat jutaan tayangan. Chef Cioe tadinya tak menyangka jika kreasinya akan viral, tapi dengan momen itu, ia mulai mempublikasikan lebih banyak tentang croissant New York Roll miliknya di media sosial restorannya. Hal ini membuat Ney York Roll menjadi menu andalan di restorannya, sementara Kafe Lafayette terus mengeluarkan rasa-rasa baru untuk tetap mempertahankan minat dan tren akan kelezatan pastry yang memikat perhatian banyak orang tersebut.

Prestasi dari kreasi jenius itu menciptakan fenomena kuliner yang tidak hanya menarik perhatian di Amerika, tetapi juga meraih popularitas global. The Supreme atau New York Roll kemudian merambah ke berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri pastry ini mengalami sedikit modifikasi khususnya dalam segi ukuran, lalu diberi nama baru yakni cromboloni. Meskipun belum ada konfirmasi pasti apakah Chef Cioe yang menamainya sebagai cromboloni atau bukan, karena di amerika, cromboloni masih dikenal sebagai The supreme atau New York Roll. 


Cromboloni memiliki tekstur yang garing dan renyah pada bagian luarnya, sementara bagian dalamnya menawarkan kelembutan seperti bomboloni yang dapat diisi dengan beragam pilihan isian. Isian-isian tersebut dapat meliputi cokelat, Almond, Coklat, Vanila, green tea, dan variasi lainnya. Gabungan karakteristik unik ini menjadikan cromboloni sebagai pastry yang tidak hanya lezat tetapi juga menarik selera di seluruh dunia.



Viral di Indonesia


Cromboloni meraih sorotan viral lewat video TikTok. Seorang pengguna membagikan pengalamannya menikmati pastry roll croissant, yang kemudian diikuti oleh beberapa tiktoker lain. Kehebohan di media sosial membuat nama cromboloni semakin dikenal dan digemari, Hal inilah yang meningkatkan kepopuleran cromboloni di TikTok. Di Indonesia, kafe-kafe yang kini menjual cromboloni turut meningkatkan minat masyarakat terhadap hidangan pastry ini. Dengan demikian, sejumlah fakta menarik seputar cromboloni, yang kini tengah menjadi sorotan di TikTok Indonesia, terungkap


Kami, Authentique French Bread, menjadi salah satu yang hadir sebagai restoran, produsen, serta supplier cromboloni premium dalam tiga varian rasa: almond, strawberry, dan coklat, tersedia untuk pembelian satuan maupun grosir.


Cara Memakan Cromboloni



Cromboloni tidak memiliki cara penyajian khusus seperti pastry atau kue Prancis lainnya, seperti crepes, croquembouche, atau galette des rois yang mungkin memiliki tradisi tertentu dalam penyajiannya. Sehingga kamu bisa langsung menyantapnya seperti pastry pada umumnya. Namun, umumnya orang cenderung memotek cromboloni menjadi beberapa bagian agar krim di dalamnya merata. Selain itu, beberapa orang juga menikmatinya bersama dengan secangkir teh atau kopi.


Supplier Cromboloni Di Jakarta


Supplier Cromboloni Grosir

Kami, Authentique French Bread, merupakan supplier cromboloni di Jakarta yang menyediakan cromboloni dengan tiga varian rasa, yaitu vanila, strawberry, dan coklat. Produk kami tersedia baik dalam bentuk grosir maupun satuan dengan kualitas terbaik yang sesuai dengan standar otentik pastry Prancis dan produk pastry Prancis dan eropa lainnya. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan, silakan hubungi kami dengan mengisi formulir yang tersedia di sini. Tentunya, kami siap melayani dan mengirimkan produk cromboloni langsung ke tempat atau bisnis Anda.





1,685 views0 comments

Comments

Couldn’t Load Comments
It looks like there was a technical problem. Try reconnecting or refreshing the page.
bottom of page